Hindari Hal-hal Penyebab Kegagalan CPNS

Selamat datang di SITUS INFORMASI CPNS situs ini memudahkan anda untuk menemukan informasi CPNS baik CPNS Kementerian, CPNS Lembaga Pemerintah, CPNS Provinsi dan juga CPNS Daerah atau CPNS Kabupaten Kota diseluruh Indonesia Anda Juga Bisa Unduh Kisi - kisi Soal CPNS Do'a kami semoga anda DITERIMA MENJADI PNS di instansi yang anda harapkan
Mulai tahun 2017 ini secara serentak tes calon calon pegawai negerisipil (CPNS) baik di tingkat pusat maupun tingkat daerah akan seragam menggunakan perangkat elektronik berupa Computer Assisted Test atau yang dikenal dengan nama Sistem CAT. Dengan sistem ini, Pemerintah  menjamin transparansi, tidak akan ada nepotisme dalam penentuan peserta yang lulus. Cangginya sistem ini memungkin para peserta untuk mengetahui hasil tes segera setelah beberapa saat tes CPNS 2014 selesai.

Meski begitu, Sebagai sebuah sistem baru, sistem ini  pun masih punya kelemahan,  kemungkinan para peserta melakukan kesalahan bisa sangat besar.  Conntoh sederhananya, bila peserta terburu-buru dan kurang teliti meneliti lagi soal-soal yang belum dikerjakan, bisa kehilangan peluang lulusnya kalau ia sudah keburu menekan tombol selesai. Karenanya,  teliti lagi secara cermat untuk mengecek nomor-nomor mana saja yang belum dijawab atau dilewati.  Masalahnya  kalau sudah keburu menekan tombol ini para peserta tidak bisa mengulang lagi soal-soal yang dijawab. Nilai yang terakumulasi akan dihitung apa adanya.  Padahal, untuk bisa dinyatakan lulus dalam tes CPNS ini harus bisa melampaui semua passing grade kelompok tes. Sebuah kerugian besar jika dua kelompok tes  berhasil melewati passing grade sementara satu tes lainnya dinyatakan gagal karena keledoran ini.

Selain soal kurang teliti,  soal manajemen waktu juga bisa menjadi pengganjal  kelulusan peserta tes. Alokasikanlah waktu dengan cermat agar waktu yang tersedia benar-benar cukup untuk menyelesaikan  semua soal. Jika dirata-ratakan, untuk satu soal setiap peserta hanya mendapat waktu sebanyak 54 detik saja Kerjakanlah dahulu soal-soal yang mudah, jangan memaksakan diri untuk menyelesaikan soal yang sulit. Kalaupun ada soal yang belum selesai tidak akan tersisa banyak jika kita pintar mengatur waktu.

Selain soal teknis dalam pelaksaan tes,  perhatikan juga saat menyampaikan kelengkapan berkas fisik yang dibutuhkan. Satu item saja tidak lengkap, Anda akan dinyatakan gugur. Buatlah ceklis saat menyusun soal.Pastikan kelengkapannya. Cek detil-detil lain seperti ukuran dan jumlah pas foto,  dokumen tertentu yang harus dilegalisir, jumlah dokumen yang harus diberikan dalam jumlah lebih dari satu warna map yyang dibedakan untuk kelompok pelamar tes CPNS, materai, amplop balasan yang dibubuhi perangko  dan tanda tangan.

Selamat mengikuti tes CPNS tahun 2017. Semoga berhasil, ya. 
Terimakasih anda sudah membaca situs ini jika menurut anda situs ini baik kami berharap anda share situs ini kepada teman-teman yang mungkin mereka juga membutuhkan informasi yang ada di situs ini dengan klik tombol berikut Google+ Jangan lupa juga anda membuat lamaran yang baik dan benar jika anda belum mempunyai referensi anda bisa melihat pada postingan ini: Membuat Lamaran Pekerjaan
Back To Top