Tips Menghadapi Soal Tes CPNS 2014 Dengan Sistem CAT

Selamat datang di SITUS INFORMASI CPNS situs ini memudahkan anda untuk menemukan informasi CPNS baik CPNS Kementerian, CPNS Lembaga Pemerintah, CPNS Provinsi dan juga CPNS Daerah atau CPNS Kabupaten Kota diseluruh Indonesia Anda Juga Bisa Unduh Kisi - kisi Soal CPNS Do'a kami semoga anda DITERIMA MENJADI PNS di instansi yang anda harapkan
Soal tes CPNS yang akan diberikan kepada para pelamar untuk tahun ini akan berbeda dari tes CPNS yang diberikan pada tahun-tahun sebelumnya.  Pada tahun-tahun sebelumnya, peserta tes diberikan soal dan lembar jawaban manual. Untuk menjawab soal tes, setiap peserta harus mengisi lembar jawab komputer (LJK) dengan memberikan bulatan hitam pada jawaban yang dipilihnya. Setelah itu,  LJK yang sudah diisi akan discan  oleh komputer untuk menilai jawaban peserta tes. Namun sekarang cara ini tidak akan dipakai lagi. Untuk tahun 2014, semua peserta tes  akan mengerjakan tes CPNS dengan menggunakan sistem komputer  atau dikenal dengan Sistem CAT (Computer Assisted Test).

Menurut keterangan yang disampaikan di situs  menpan.go.id  peserta tes CPNS hanya akan mendapat  jatah waktu hanya  54 detik saja  untuk mengerjakan satu soal pada TKD dengan sistem CAT. Setiap peserta hanya mempunyai waktu sebanyak  90 menit untuk mengerjakan 100 soal.

Sebagai penanda,  soal yang sudah dikerjakan peserta  akan berubah warnanya  dari merah menjadi hijau pada bagian bawah. Cara ini akan memudahkan  peserta  nomor soal mana saja  yang belum dikerjakan dan yang sudah dikerjakan. Selain itu di luar ruangan peserta, terdapat layar untuk melihat total nilai sesuai pengerjaan peserta tes.

Sebagai tips untuk mengerjakan soal tes CPNS dengan sistem CAT, perbanyaklah referensi bacaan seperti wawasan kebangsaan.  Yang harus dipelajari peserta  tes antara lain adalah : 
  • Pancasila
  • Undang-Undang Dasar 1945 dan amandemennya
  • NKRI, tata negara, dan lainnya. 
Peserta tes  yang nantinya lolos dan diterima sebagai  seorang CPNS, diwajibkan memahami sejarah kebangsaan  karena tugasnya sebagai abdi negara yang akan mengurus negara.

Sementara itu untuk mengerjakan soal  tes intelegensia umum. peserta  tes CPNS 2017 akan diuji tingkat intelegensianya dengan mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan verbal dan analisis sistematisnya.  Jangan lupakan juga  tes karakteristik pribadi (TKP) menguji kemampuan seseorang untuk beradaptasi dan berprestasi dalam menghadapi dinamika organisasi.

Semoga tips ini membantu Anda menyiapkan  diri lebih baik lagi untuk berlatih mengerjakan soal-soal CPNS 2014 dengan sistem CAT. Untuk berlatih tes CPNS dengan sistem CPNS ini, Anda bisa mengakses simulasi CAT secara online yang tersedia atau mengunduh aplikasi yang tersedia di Google Play. Selamat berlatih.
Terimakasih anda sudah membaca situs ini jika menurut anda situs ini baik kami berharap anda share situs ini kepada teman-teman yang mungkin mereka juga membutuhkan informasi yang ada di situs ini dengan klik tombol berikut Google+ Jangan lupa juga anda membuat lamaran yang baik dan benar jika anda belum mempunyai referensi anda bisa melihat pada postingan ini: Membuat Lamaran Pekerjaan
Back To Top