Syarat-syarat Yang harus Dipenuhi Agar Lulus Tes CPNS 2014

Selamat datang di SITUS INFORMASI CPNS situs ini memudahkan anda untuk menemukan informasi CPNS baik CPNS Kementerian, CPNS Lembaga Pemerintah, CPNS Provinsi dan juga CPNS Daerah atau CPNS Kabupaten Kota diseluruh Indonesia Anda Juga Bisa Unduh Kisi - kisi Soal CPNS Do'a kami semoga anda DITERIMA MENJADI PNS di instansi yang anda harapkan
gambar: liputan6.com
Setelah melakukan pendaftaran di situs https://panselnas.menpan.go.id/ para peserta tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil tahun 2014 akan mendapatkan username dan password untuk melanjutkan pendaftaran ke instansi yang ditujunya. Setelah mengirimkan persyaratan  dan lolos seleksi  administrasi, para peserta tes CPNS 2014  akan mendapat pemberitahuan berhak atau tidaknya mengikuti tes CPNS dengan mengerjakan soal-soal  tes dengan sistem CAT.

Tentu saja semua peserta akan berusaha sebaik mungkin agar lulus dari tes CPNS. Ada sedikit bocoran nih buat Anda para calon peserta tes. Menurut Bima Haria Wibisana sebagai  Wakil Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN)  ada beberapa  syarat agar lulus tes CPNS 2014.

Agar bisa lulus dari tes CPNS, para peserta harus  bisa melampaui passing grade dari 3 tes yang diberikan, yaitu:
  1. Tes Intelegensia Umum (TIU)
  2. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan
  3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 
Selain itu,  walaupun seorang  peserta tes mempunyai  nilai TIU dan TWK tinggi, namun TKP-nya rendah tetap tidak akan lolos passing grade.  Jadi, bila  kurang dari passing grade, sementara dua kelompok mendapat nilai tinggi,  Anda tetap saja tidak bisa dinyatakan lulus. Sebagai peserta tes CPNS,  nantinya Anda  akan mendapatkan 35 soal TWK, 30 soal TIU, dan 35 soal TKP. Dari semua soal-soal itu,  60 persen soal TIU harus benar dijawab, 50 persen untuk soal TWK, dan 40 persen untuk soal TKP.

Sebagai gambaran, pada tahun lalu jumlah nilai yang dapat memenuhi persyaratan lulus tes CPNS adalah sejumlah 250. Akan tetapi ada alokasi passing grade minimal yang harus dipenuhi, yakni,  105 untuk TWK, 75 untuk TIU, dan 70 untuk soal TKP.

Dengan banyaknya jumlah kuota yang tersedia untuk perta tes CPNS yang lulus tahun ini, akan berpengaruh terhadap jumlah pelamar yang akan meningkat juga.  Selain ketiga kelompok soal yang akan diberikan, para peserta juga akan mendapat tes kemampuan bidang dari  instansi yang dilamarnya. Meski begitu, pemerintah menyerahkan  pelaksanaan tes ini apakah akan diselenggarakan, atau tidak oleh instansi terkait. Untuk tes kemapuan bidang, soal-soal yang akan diberikan meliputi psikotest, wawancara, ataupun menulis essai.

Sebagai cara untuk mengukur proporsi  nilai  tes  Anda, cobalah untuk memperhatikan skor tes  simulasi CAT yang akan Anda ikuti dalam beberapa hari ke depan.  Semoga sukses.
Terimakasih anda sudah membaca situs ini jika menurut anda situs ini baik kami berharap anda share situs ini kepada teman-teman yang mungkin mereka juga membutuhkan informasi yang ada di situs ini dengan klik tombol berikut Google+ Jangan lupa juga anda membuat lamaran yang baik dan benar jika anda belum mempunyai referensi anda bisa melihat pada postingan ini: Membuat Lamaran Pekerjaan
Back To Top