Tips Membuat Surat Lamaran yang Menarik

Selamat datang di SITUS INFORMASI CPNS situs ini memudahkan anda untuk menemukan informasi CPNS baik CPNS Kementerian, CPNS Lembaga Pemerintah, CPNS Provinsi dan juga CPNS Daerah atau CPNS Kabupaten Kota diseluruh Indonesia Anda Juga Bisa Unduh Kisi - kisi Soal CPNS Do'a kami semoga anda DITERIMA MENJADI PNS di instansi yang anda harapkan
Setelah lulus kuliah dan wisuda, Anda akan mulai disibukkan  untuk  mencari informasi  lowongan pekerjaan. Setelah  mendapatkan beberapa informasi lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan latar belakang, mulailah sekarang kesibukan Anda untuk membuat lamaran.
Tentunya diperlukan trik  khusus untuk membuat surat lamaran  agar lamaran Anda dilirik  calon atasan Anda.  Surat lamaran  yang terlalu biasa-biasa  akan lebih mudah diabaikan  dan  tidak akan dilirik.
Agar surat lamaran  menarik dan  mendapat kesempatan  untuk mendapat panggilan wawancara,  ada beberapa cara  yang perlu diperhatikan,
Resume Yang Menarik
Jangan terlalu standar  membuat surat lamarandan  resumenya.  Buatla resume  semenarik mungkin. Ingat,  resume ini adalah sarana Anda untuk mempromosikan diri. Cobalah cari di internet  contoh surat dan  resume yang unik dan menarik. Meski resume ini adalah  cara Anda untuk mempromosikan  diri,  tidak berarti Anda boleh menggambarkan diri Anda secara berlebihan.  Buatlah resume Anda yang  rapi,  terstruktur dan meyakinkan calon  bos Anda.  Sampaikan  kelebihan yang Anda miliki dan pengalaman  yang relevan  dan mendukung  posisi yang Anda lamar. Misalnya Anda melamar  untuk posisi tim kreatif di perusahaan, tuliskan pengalaman Anda saat menjadi seksi acara  saat kuliah dulu.
Apa Prestasi Anda?
Saat Anda menuliskan kemampuan Anda mengoperasikan komputer  tentu terlalu standar. Terangkan dalam  resume prestasi  apa yang berhasil Anda capai di perusahaan sebelumnya. Misalnya  prestasi Anda  sebagai marketing  yang berhasil melampaui  target. Bila posisi  yang dilamar  menuntut kreatifitas  seperti posisi desainer grafis,  jangan ragu untuk melampirkan  contoh desain yang Anda buat.  Kalau Anda pernah mengikuti training  yang diselenggarakan pihak lain, jangan ragu untuk  mencantumkandalam resume.
Contoh Kongkrit
Saat Anda menyampaikan prestasi di tempat kerja sebelumnya,  tuliskan secara real dan meyakin. Alih-alih menuliskan keterangan ” Mencapai penjualan melampaui target”, akan lebih meyakinkan bila Anda menuliskan keterangan “Berhasil melakukan penjualan dengan omset mencapai  20% dari target  yang ditentukan selama satu tahun terakhir” 
Jangan terlalu bertele-tele  dalam menyampaikan prestasi dan kelebihan Anda. Sampaikan dengan redaksi yang jelas, singkat dan lugas. Ingat, Anda sedang mengirim surat lamaran pekerjaan, bukan sedang mengikuti  lomba karya tulis. 
Semoga berhasil!  
Terimakasih anda sudah membaca situs ini jika menurut anda situs ini baik kami berharap anda share situs ini kepada teman-teman yang mungkin mereka juga membutuhkan informasi yang ada di situs ini dengan klik tombol berikut Google+ Jangan lupa juga anda membuat lamaran yang baik dan benar jika anda belum mempunyai referensi anda bisa melihat pada postingan ini: Membuat Lamaran Pekerjaan
Tag : Tips
Back To Top