Tips Menjawab Pertanyaan Saat Wawancara Kerja

Selamat datang di SITUS INFORMASI CPNS situs ini memudahkan anda untuk menemukan informasi CPNS baik CPNS Kementerian, CPNS Lembaga Pemerintah, CPNS Provinsi dan juga CPNS Daerah atau CPNS Kabupaten Kota diseluruh Indonesia Anda Juga Bisa Unduh Kisi - kisi Soal CPNS Do'a kami semoga anda DITERIMA MENJADI PNS di instansi yang anda harapkan

Setelah Anda berhasil  mengirim surat  lamaran dan mendapat  panggilan  untuk interview, inilah saat yang penting bagi Anda untuk menjual diri Anda di hadapan pewawancara dari perusahaan. Mungkin Anda akan bertanya-tanya, kiar-kira pertanyaan apa yang akan disampaikan dan bagaimana cara  untuk menjawabnya dengan jitu.
Pastikan Anda sudah  siap  saat hari wawancara  nanti. Mulai dari pakaian,  penampilan, rute  yang akan ditempuh dan  berapa lama  akan sampai dilokasi. Usahakan untuk datang setidaknya 30 menit sebelum wawancara  untuk menunjukan keseriuasan pada calon atasan Anda. Sambil menunggu hari H, cobalah untuk berlatih di rumah menjawab pertanyaan  wawancara. Anda bisa mengajak kakak/adik atau teman  untuk melakukan simulasi. Berikut ini adalah beberapa contoh pertanyaan  yang  mungkin akan disampaikan  oleh pewawancara.
Ceritakan pada kami tentang diri Anda
Biasanya ini adalah pertanyaan  paling standar dan simple tapi  bia menjebak kalau Anda salah  menjawabnya.  Agar ringkas dan  tidak bertele-tele Anda bisa menjawabnya dengan latar belakang pendidikan,  pengalaman bekerja  dan posisi pekerjaan sebelumnya.
Apa yang Anda ketahui tentang kami?
Nah, agar Anda tidak  gagap saat ditanya  ini cari tahu informasi  tentang  perusahaan yang Anda lamar sebelum  wawancara. Beberapa info seperti  produk atau layanan jasa,  ruang gerak  perusaahan, reputasi perusahaan , kapan perusahan berdiri, segemen konsumen yang dibidik sampai  prestasi  yang dicapai oleh perusahaan. Bila perusahaan  yang Anda lamar  mempunyai program CS, Anda juga bisa menyampaikannya saat wawancara.  Jangan lupa, tunjukan minat Anda untuk terliabat sebagai   bagian kesukesan perusahaan dan apa  yang bisa Anda berikan untuk perusahaan. Anda bisa mengaitkannya  dengan pencapaian   yang sudah dicapai di perusahaan sebelumnya tempat Anda bekerja.
Apa yang menarik dan tidak menarik dari posisi  yang dilamar?

Sampaikan jawaban Anda dengan komposisi  4 hal  yang menarik dan sisanya sebanyak 1 hal kecil saja yang tidak menarik.
Apa alasannya kami harus menerima Anda?

Untuk menjawab pertanyaan ini,  sebutkan saja  kemampuan, kelebihan dan pengalaman yang Anda miliki.
Apa yang Anda cari dari sebuah pekerjaan?
Untuk menjawab pertanyaan wawancara ini, hindari  jawaban yang bersifat  materi atau  mengungkit soal gaji. Lebih aman bila Anda menjawab  dengan  kesempatan  untuk mengembangkan diri dalam organisasi.
Berapa lama waktu yang diperlukan untuk Anda beradaptasi dan memberikan  prestasi  bagi persusahaan?

Jawablah pertanyaan ini dengan  optimis bahwa Anda akan berusaha melakukannya  untuk mengerjakan tugas dan tanggung jawab yang diberikan sejak hari pertama. Setidaknya Anda perlu  waktu sekitar  6 bulan  untuk memetakan masalah dan memahaminya.
Berapa lama Anda akan bekerja  dengan kami?

Jawablah Anda  menginginkan posisi yang dilamar dan bergairah  untuk  mencapai prestasi dan target  di perusahaan.
Kenapa keluar dari pekerjaan Anda yang sebelumnya?

Untuk menjawab pertanyaan ini,  jawab dengan singkat dan jujur. Jangan menjelek-jelekan  tempat kerja Anda yang lama dan masalah pribadi.
Berapa gaji yang diinginkan?

Jawablah dengan lugas angka yang diinginkan. Pastikan  angka yang diminta adalah angka yang rasional dan pantas.  Bila ditanya sejak awal, jawab petanyaan dengan diplomatis bahwa Anda  ingin mengenal tugas dan tanggung jawab  yang akan dilaksanakan bila diterima.

Jawablah semua pertanyaan secara positif, jujur namun tidak berlebihan agar  pewawancara merasa  yakin Andalah  kandidat  yang tepat untuk mengisi  posisi  yang dilamar. Semoga sukses untuk  wawancara kerjanya
Terimakasih anda sudah membaca situs ini jika menurut anda situs ini baik kami berharap anda share situs ini kepada teman-teman yang mungkin mereka juga membutuhkan informasi yang ada di situs ini dengan klik tombol berikut Google+ Jangan lupa juga anda membuat lamaran yang baik dan benar jika anda belum mempunyai referensi anda bisa melihat pada postingan ini: Membuat Lamaran Pekerjaan
Tag : Tips
Back To Top